Antisipasi Stroke

Siapa saja yang mempunyai kecenderungan untuk terkena stroke? Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi serangan stroke di bagi 2 bagian besar : faktor yang tidak dapat dicegah ( umur, jenis kelamin ) dan faktor-faktor yang dapat dicegah.

Misalnya umur : semakin bertambah usia, semakin besar kemungkinan terkena stroke bila dibandingkan ketika berusia lebih muda. Juga dikatakan pria relatif lebih banyak mengalami serangan stroke dibanding wanita.

Faktor-faktor yang dapat dicegah agar tidak terserang stroke, diantaranya : hipertensi, diabetes melitus, merokok, hiperlipidemia, peminum alkohol, penyakit jantung,obesitas.

Mencegah Agar Tidak Terkena Serangan Stroke

 Sebaiknya tetap mengikuti nasihat para pakar kesehatan agar hidup teratur dan seimbang. Teratur baik waktu bekerja, istirahat, berolah raga, rekreasi dan kegiatan lain sesuai waktunya. Seimbang maksudnya baik waktu bekerja dengan istirahat, mendapatkan proporsinya masing-masing.

Kebiasaan dan gaya hidup juga dapat mempengaruhi kejadian stroke. Contoh gaya hidup yang cenderung mengkonsumsi makanan cepat saji namun tinggi kadar lemak, cenderung merusak dinding pembuluh darah yang lama kelamaan mengganggu kelancaran aliran darah, terjadi penumpukan sel-sel darah di tempat di dinding yang mengalami kerusakan tersebut, suatu saat melepaskan diri, menyunbat di pembuluh darah otak dan akhirnya terjadilah stroke.

Hubungan kebiasaan merokok dengan terjadinya stroke masih kontroversi. Tapi penelitian terakhir mendukung bahwa kebiasaan merokok akan meningkatkan serangan stroke dibandingkan dengan orang-orang bukan perokok.

Bagi yang berumur 40 tahun ke atas, sebaiknya rutin memeriksakan diri ke dokter pribadi masing-masing. Hal ini perlu untuk mengetahui adakah faktor-faktor resiko seperti hipertensi, diabetes melitus, hiperlipidemia dan lain-lain. Bila kebetulan memiliki salah satu atau beberapa faktor resiko tersebut, dokter akan membantu kita mengatasi faktor-faktor resiko tersebut untuk meminimalisasi kemungkinan terkena serangan stroke.

2 Responses to Antisipasi Stroke

  1. Fiola mengatakan:

    Thx infonya gan.. skrg ne emang stroke gak kenal usia. Info yg berguna bgt.

Tulis komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s