Flu Burung: Identifikasi dan Pencegahannya

Flu Burung adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza yang menyerang burung/unggas/ayam . Salah satu tipe yang perlu diwaspadai adalah yang disebabkan oleh virus influenza dengan kode genetik H5N1 (H=Haemagglutinin, N=Neuramidase) yang selain dapat menular dari burung ke burung ternyata dapat pula menular dari burung ke manusia. Penyebab flu burung adalah virus influenza tipe A . Virus influenza termasuk famili Orthomyxoviridae. Virus influenza tipe A dapat berubah-ubah bentuk (Drift, Shift), dan dapat menyebabkan epidemi dan pandemi. Berdasarkan sub tipenya terdiri dari Hemaglutinin (H) dan Neuramidase (N) . Kedua huruf ini digunakan sebagai identifikasi kode subtipe flu burung yang banyak jenisnya. Strain yang sangat virulen/ganas dan menyebabkan flu burung adalah dari subtipe H5N1. Virus tersebut dapat bertahan hidup di air sampai 4 hari pada suhu 22 °C dan lebih dari 30 hari pada 0 °C. Virus akan mati pada pemanasan 60 °C selama 30 menit atau 56 °C selama 3 jam dan dengan detergent, desinfektan misalnya formalin, serta cairan yang mengandung iodin.
Gejala flu burung dapat dibedakan pada unggas dan manusia. Gejala pada unggas meliputi jengger berwarna biru, borok di kaki dan kematian mendadak. Gejala pada manusia meliputi demam (suhu badan diatas 38 °C), lemas, pendarahan hidung dan gusi, sesak nafas, muntah dan nyeri perut serta diare, batuk, nyeri tenggorokan, radang saluran pernapasan, pneumonia, infeksi mata dan nyeri otot. Masa Inkubasi pada unggas 1 minggu dan pada manusia : 1-3 hari, dimana masa infeksi 1 hari sebelum sampai 3-5 hari sesudah timbul gejala. Penularan flu burung  menular dari unggas ke unggas dan dari unggas kemanusia, melalui air liur, lendir, hidung dan feces. Penyakit ini juga dapat menular melalui udara yang tercemar virus H5N1 yang berasal dari kotoran atau sekreta burung/unggas yang menderita flu burung. Penularan dari unggas ke manusia juga dapat terjadi jika bersinggungan langsung dengan unggas yang terinfeksi flu burung. Contohnya: pekerja di peternakan ayam, pemotong ayam dan penjamah produk unggas lainnya. Unggas yang sakit influenza A atau virus H5N1 dapat mengeluarkan virus dengan jumlah besar dalam kotorannya. Virus itu dapat bertahan hidup di air sampai empat hari pada suhu 22 oC dan lebih dari 30 hari pada 0 oC. Di dalam kotoran dan tubuh unggas yang sakit, virus dapat bertahan lebih lama. Virus ini mati pada pemanasan 56 oC dalam 3 jam atau 60 oC selama 30 menit. Bahan disinfektan fomalin dan iodine dapat membunuh virus menakutkan ini. Virus flu burung hidup di dalam saluran pencernaan unggas. Burung yang terinfeksi virus akan mengeluarkan virus ini melalui saliva (air liur), cairan hidung, dan kotoran. Avian Virus influenza avian dapat ditularkan terhadap manusia dengan 2 jalan. Pertama kontaminasi langsung dari lingkungan burung terinfeksi yang mengandung virus kepada manusia. Cara lain adalah lewat perantara binatang babi. Penularan diduga terjadi dari kotoran secara oral atau melalui saluran pernapasan.
Pencegahan penyebaran virus flu burung adalah dengan pemusnahan unggas/burung yang terinfeksi flu burung, vaksinasi pada unggas yang sehat, mencuci tangan dengan desinfektan dan mandi sehabis bekerja di lingkungan ber-unggas, hindari kontak langsung dengan ayam atau unggas yang terinfeksi flu burung, menggunakan alat pelindung diri seperti masker serta membersihkan kotoran unggas setiap hari. Selain itu dengan menjaga daya tahan tubuh dengan memakan makanan bergizi & istirahat cukup, memasak daging ayam sampai dengan suhu ± 800 °C selama 1 menit dan pada telur sampai dengan suhu ± 640 °C selama 4,5 menit, basuh tangan sesering mungkin, penjamah sebaiknya juga melakukan disinfeksi tangan (dapat dengan alcohol 70%, atau larutan pemutih/khlorin 0,5% untuk alat2/instrumen).

Tulis komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s