Gula Penyebab Penuaan Wajah Lebih Dini

Terkadang orang memberikan treatment wajahnya dengan krim untuk melindungi dan melembabkan kulit agar wajah terlihat tampak muda dan selalu berseri. Namun tanpa disadari bahwa upaya perawatan semacam itu ternyata menjadi tidak optimal manakala kita terlalu banyak mengkonsumsi gula. Dengan kata lain bahwa gula dapat mensabotase peran krim terhadap wajah. Hal ini dikarenakan gula bisa membuat kulit kehilangan kekenyalan dan kualitas elastisnya yang merupakan dasar seseorang bisa terlihat lebih muda. Proses ini disebut dengan glycation. Gula yang masuk akan menempel pada setiap protein di dalam tubuh dan memproduksi molekul berbahaya yang disebut dengan ‘advanced glycation end products’. Molekul ini akan mengurangi efektivitas elastin dan kolagen serta protein dalam kulit yang membantu mempertahankan penampilan muda. Kolagen sendiri membuat kulit berisi dan elastin berfungsi memberikan elastitas kulit. Jika orang terus menerus mengonsumsi makanan tinggi gula, maka kolagen dan elastin akan kaku sehingga keriput lebih mudah terbentuk dan sel-sel dalam kulit lebih sulit memperbaiki kerusakan yang normal terjadi.
Ada beberapa jenis kolagen, yakni jenis I, II dan III dan kulit sehat memerlukan gabungan yang pas dari ketiganya. Tapi gula mendorong kolagen tipe III menjadi tipe I yang lebih rapuh, akibatnya kulit rusak, lebih tipis, lebih mudah keriput dan lebih rentan terhadap efek merusak dari lingkungan serta sinar ultraviolet.
Sepertinya belum ada cara sederhana untuk mengurangi asupan gula. Namun kita dapat mengusahakan untuk menghindari makanan dengan indeks glikemik tinggi (cepat dipecah menjadi gula oleh tubuh), minimalkan konsumsi karbohidrat olahan dalam kue, biskuit dan roti putih. Lalu perbanyak makanan yang punya indeks glikemik rendah seperti cokelat, pasta, nasi merah dan roti gandum. Tujuannya untuk memastikan gula yang terbentuk kurang dari 10 persen dari diet total.

Tulis komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: