Energi Alternatif Menggunakan Bioetanol Berbahan Singkong

Bahan bakar minyak (BBM) merupakan kebutuhan masyarakat yang sangat vital, namun seiring berjalannya waktu masyarakat dihadapkan pada dilema semakin mahalnya harga BBM. Disatu sisi masyarakat sangat bergantung pada BBM namun disisi lain masyarakat menjadi resah jika suatu saat daya beli masyarakat terhadap BBM menjadi tak terjangkau. Untuk menyiasati hal tersebut sudah semestinya kita mencari alternatif bahan bakar yang efisien, murah dan mudah didapat sehingga dapat mengurangi ketergantungan kita terhadap konsumsi BBM.
Saat ini telah muncul inovasi baru berupa pemanfaatan bioethanol sebagai bahan bakar. Bahan bakar bioethanol merupakan salah satu jenis yang sebenarnya bisa dikembangkan di Indonesia. Bahan bakar ini diyakini mampu menjadi pengganti BBM yang saat ini menjadi andalan masyarakat. Apalagi bahan baku bioethanol sangat mudah dan banyak dijumpai di tanah air. Bahan bakar ini mengandalkan singkong yang diambil saripatinya.
Belakangan berkembang wacana bahwa bahan bakar singkong lebih efisien dibanding premium, apalagi biaya produksi bioethanol dari singkong juga lebih murah dibanding BBM seperti premium. Untuk menghasilkan satu liter ethanol dibutuhkan sekitar 6 kilogram singkong. Dan harga satu kilogram singkong sekitar Rp 400. Artinya untuk menghasilkan satu liter ethanol dibutuhkan Rp 2.400 untuk pembelian singkong. Jika ditambah bahan lain dan biaya produksi, total biaya produksi mencapai Rp 3.400 per liter.
Kendati demikian pengembangan bioethanol secara besar-besaran masih sulit direalisasikan. Karena belum ada aturan yang mendukung. Selain itu juga belum ada SPBU khusus bioethanol. Tetapi paling tidak, penemuan bioethanol dari singkong sebagai alternatif bahan bakar ini dapat membantu kita mengurangi ketergantungan terhadap BBM, terutama jika kelak harga BBM menjadi tak terjangkau.

Tulis komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: