Bahaya Kolesterol dan Alternatif Kontrolnya

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid, adapun steroid merupakan lipid yang memiliki struktur kimia khusus dimana struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.
Makanan yang kita makan sebagian besar berkaitan erat dengan kolesterol. Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Kolesterol tinggi menyebabkan bahaya kesehatan yang mencakup serangan jantung yang mematikan dan menyebabkan arteri pecah, serta bahaya obesitas. Kolesterol jahat bersifat tidak larut dalam air, dan tubuh gagal untuk membakarnya yang kemudian diakumulasikan dan berubah menjadi lipid lemak, jika tumpukannya berlebihan maka berakibat pada aliran darah yang menjadi sempit. Aliran darah yang sempit akan memperlambat sirkulasi darah dan memaksakan pekerjaan tambahan bagi jantung. Kondisi ini yang akhirnya mengakibatkan penyakit jantung.
Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg. Secara umum kolesterol harus dikontrol demi kesehatan tubuh. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk dapat mengontrol timbunan kolesterol dalam tubuh. Adapun beberapa cara yang efektif untuk mengontrol kolesterol adalah :

1. Diet rendah Kolesterol – Beberapa makanan yang kita makan tergolong rendah kolesterol. Berikut adalah kelompok makanan yang rendah kolesterol.
Gandum murni, semua jenis gandum bekerja sebagai spons yang menghisap lemak berlebih dalam darah dan flush keluar dari tubuh.
Buah-buahan dan sayuran, tentu yang berserat dan tidak mengandung lemak, sebagian besar buah dan sayuran ideal untuk menurunkan berat badan.
Ikan, kaya akan protein dan lemak Omega 3.
Kacang, merupakan pengganti daging yang baik. Mereka memiliki protein dan kalsium yang sama, tanpa lemak dan kalori. Kacang-kacangan harus dikonsumsi dalam jumlah sedang karena cukup tinggi jumlah kalorinya.

2. Olahraga – Berolahraga dapat menjadikan tubuh Anda berkeringat. Keringat yang keluar dipercaya oleh para ahli sebagai representasi terbakarnya kalori dan kolesterol dalam tubuh.

3. Menghindari stres – Salah satu cara untuk mengontrol kolesterol adalah dengan menghindari stres. Gaya hidup stres juga berkontribusi banyak untuk asupan makanan kita dan berat badan. Orang yang mengalami stres biasanya dikarenakan tekanan dalam pekerjaan, kemudian makan makanan berkolesterol tinggi dan kurang tidur. Maka tidur cukup dan kondisi tubuh yang rileks merupakan cara yang ampuh untuk menekan jumlah kolesterol yang berlebih dalam tubuh.

4. Hidup sehat – Jauhi sifat buruk yang menghancurkan kesehatan, seperti merokok, penyalahgunaan obat dan minum minuman beralkohol yang berlebihan sehingga merusak saraf.

Dengan pola gaya hidup sehat tersebut, maka sangat mungkin bagi kita untuk dapat mengontrol kolesterol berlebih secara mudah dan aman.

Tulis komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: