Karakteristik Kanker

Sehat bukan berarti tidak sakit, kalimat tersebut harus dijadikan pedoman bagi setiap orang yang tidak ingin penyakit, khususnya kanker. Tidak ada rasa nyeri bukan berarti di dalam tubuh kita tidak ada penyakit. Begitu salah satu karakter penyakit kanker, tidak ada keluhan yang berarti, tapi tiba-tiba dokter memvonis bahwa kanker telah menggerogoti salah satu bagian tubuh kita. Pendeteksian yang terlambat merupakan faktor utama untuk memberikan kesan bahwa penyakit kanker seolah-olah penyakit yang tidak bisa disembuhkan.

Apa itu kanker?
Anggapan masyarakat kanker adalah suatu penyakit yang mengerikan, menakutkan bahkan mematikan (penyakit pembunuh secara perlahan), dimana sel-sel kanker tumbuh secara tidak normal dan tidak terkendali yang dapat mendesak sel-sel normal hingga menyebar jauh ke bagian lainnya.

Mengapa kanker dapat terjadi?
Di bidang medis, penyebab kanker belum diketahui, diduga faktor yang berperan adalah internal dari dalam diri manusia dan eksternal dari lingkungan, antara lain faktor genotif, faktor fisika kimia, faktor pola makan, riwayat keluarga, usia, lingkungan tempat tinggal, populasi, zat karsinogen, dan lain-lain.

Bagaimana kanker dapat terjadi?
Faktor eksternal dan internal, diduga menyebabkan perubahan genetik pada inti sel (DNA) sehingga sel normal berubah sifatnya menjadi sel ganas atau kanker.

Siapa yang dapat terkena kanker?
Kanker dapat menyerang siapa saja kapan saja dan dimana saja, karena pada dasarnya pada setiap organ tubuh dewasa sudah ada bibit-bibit sel kanker, hanya saja ada yang aktif dan ada yang tidak.

Bagaimana pengobatan kanker?
Pada umumnya kanker dapat disembuhkan bila ditemukan pada stadium awal, artinya bahwa kanker akan mudah disembuhkan apabila terdeteksi sejak dini, dibandingkan jika ditemukan sudah mencapai stadium lanjut kemungkinan untuk sembuh sangat kecil. Pengobatan kanker secara medis tergantung pada jenis kankernya, stadium saat pertama kali ditemukan (didiagnosis) dan kondisi imun tubuh manusia.
Alternatif pengobatan kanker yaitu :

  • Pembedahan (operasi)
  • Penyinaran (radiotherapi)
  • Kemoterapi (sitostatika)
  • Therapi herbal (tanaman obat)
  • Tulis komentar

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: